Spray Chrome
Teknologi Spray chrome (Berbasis Air), saat ini menjadi salah satu alternatif untuk menghasilkan lapisan kilap seperti chrome. Teknologi Spray chrome bisa diaplikasikan ke semua benda kerja yang bisa dilapisi dengan cat primer. Lapisan kilap spray chrome bisa menjangkau sudut-sudut yang menjadi masalah dalam proses chrome celup atau vacum metalising.
Biaya produksi spray chrome lebih tinggi dari chrome celup dan vacum metalising terutama untuk benda kecil. Jadi spray chrome lebih cocok untuk benda kerja non logam yang permukaannya lebar dan memiliki tekstur yang rumit, serta memiliki nilai jual yang tinggi. Tidak cocok untuk barang produksi masal dengan harga jual rendah.
Tahapan proses spray dari spray chrome adalah :
 
  1.  Cat primer (Base Coated)
  2. Rinse
  3.  Aktivator
  4. Rinse 
  5. Sensitizer
  6.  Spray chrome, Gold, Silver
  7.  Rinse
  8. Blow Dry
  9.  Coloring
  10. Top Coat

 



Konsep dasar Cokmar
(Dibentuk dari Kayu yang dibubut, dengan motif hias yang dibuat dari Clay Polymery)
berikutnya dibuat cetakan (Moulding) dari Karet Silikon, Rubber Sillicone), lalu di cor menggunakan Resin Polyuretant.
Pada bagian Batang dibentuk dari Besi yang dibubut.

Dibawah ini adalah hasil akhir dari Cokmar yang lain (UCB, University College Bestari ) Malaysia yang sempat dibuat di Workshop kami, finishing menggunakan clear Gloss(Lacquer) Polyuretant merek Sikkens, dengan alasa-alasan tertentu
 

Master Cokmar ukuran 180 x 18 x 18 cm


 




Bahan dasar Kayu, Multiplek, yang diduco

Dari tahapan proses di atas dibutuhkan minimal 5 alat spray. Untuk spray gun cat pimer dan top coat bisa menggunakan spray gun cat yang umum. Sedang spray gun untuk aktifasi  harus menggunakan spray gun yang terbuat dari stainless steel yang tahan karat karena cairannya korosif. untuk spray gun sensitizer dan air bilasan bisa menggunakan spray gun dari stainless steel biasa.
Spray gun untuk spray chrome sendiri harus memiliki 2 lubang spray (Dual Head Spray Gun) yang terbuat dari stainless steel.

Kedua spray gun di atas membutuhkan tekanan udara sekitar 5 bar, sehingga compresor yang digunakan sebaiknya minimal 2 Hp.
Dual Head Spray Gun 1 memiliki hasil spray bulat, tidak bisa berbentuk kipas. Di antara kepala spray terdapat lubang angin untuk membantu pencampuran dan mempermudah melihat hasil lapisan saat penyemprotan. Cocok untuk permukaan kecil atau sempit.
Dual Head Spray Gun 2 bisa diatur hasil spray mau berbentuk bulat atau kipas. Kecepatan cairan lebih besar, jadi cocok untuk benda ukuran besar dan lebar.

Daya rekat dan ketahanan spray chrom tergantung dari kualitas cat primer dan cat top coat.
Air bilasan yang digunakan pada proses spray chrom sebaiknya menggunakan air suling (aquades) atau air demineraliser atau air RO (Reverse Osmosis) yang memiliki konduktivity di bawah 10 microsiemen. 



Sumber : http://www.metalindoabadi.com/product/spray-chrome/

Comments

  1. Untuk bahan² kimianya apa aja ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahan2,cairan kimia jenis apa saja yg digunakan utk membuat krom semprot

      Delete
  2. Cairan intinya adalah Paladium dan perak nitrat, sejenis mineral cair yg diolah dg molaritas tertentu, lalu pendukungnya air aquades ato destilasi, dan harus air destilasi, air yg mengandung mineral, tidak akan menghasilkan lapisan pernekel

    ReplyDelete

Post a Comment

WOODART