Jenis Alat Teknik yang Digunakan 
Tukang Kayu Modern( Woodworking)

Di era modern seperti ini perkembangan peralatan tukang kayu sangat maju sangat pesat, dan peralatan tukang kayu manual seakan tertingal. Namun masih ada juga peralatan pertukangan yang manual yang sering di gunakan antara lain unduk atau serut kayu dan juga prusut kayu sampai sekarang masih di gunakan. Untuk seorang tukang kayu profesional alat adalah sebuah tangan kedua yang bisa membantunya mempermudah pekerjaan.
 

Kali ini Dapur Teknik akan membahas alat apa saja yang wajib di gunakan oleh tukang kayu selama mengerjakan pekerjaannya. Perlu di ingat bahwa alat tukang kayu tidak cuma satu saja namun ada banyak jumlahnya, jadi tukang kayu yang profesional adalah yang dapat menguasai berbagai alat pertukangan, semakin banyak alat yang bisa di kuasai semakin berpengalaman tukang tersebut.
Tanpa banyak basa- basi mari kita menjelaskan tentang Jenis Alat yang Di Gunakan Tukang Kayu Modern satu demi satu, dengan cara penggunakannya.
 

1. Mesin Serut /Perata (Jointer)
   

Mesin serut perata adalah sebuah mesin kayu yang digunakan untuk meratakan, meluruskan  kayu pada dua sisi yang berdekatan sehingga menjadi lurus, rata dan siku ( Amin Suminto, VED Malang). Mesin kayu ini terdiri: rangka badan, meja muka dan meja belakan, sumbu ketam dan motor. Untuk berfungsi dengan baik dan aman, maka mesin ketam perata tersebut masih dilengkapi dengan pengantar/pagar (Fence), tudung pengaman (safety  guard) dan alat pengatur naik turunnya meja. 
Banyak merek yang bisa dipilih, tapi kalau boleh rekomendasi, Pilihlah merek dibawah ini


Mesin Jointer (Powermatic)

2. Mesin Gergaji (MitterSaw) 
Merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memotong benda kerja, khususnya kayu secara akurat dengan sudut-sudut tertentu menggunakan mata pisau yang dapat berputar. Kata Miter sendiri berasal dari bahasa inggris yang berarti persambungan atau persimpangan dan saw yang berarti gergaji.

Mesin gergaji digunakan untuk:
    •    Biasa di gunakan untuk memotong dan membelah kayu berupa papan atau berupa   

         balok.
    •    Untuk mengergaji ringan seperti buat prostekan , membuat purusan
  



2. Mesin potong Meja (Table Saw)




 
Cabinet Table Saw


3. Frais Tangan Atas (Router).
Mesin frais tangan digunakan untuk membuat profil, memingul benda kerja, meratakan pelapis sintetik (formika), membuat alur dan banyak pengerjaan lainnya. Jenis pengerjaan menentukan jenis pisau yang digunakan.
Prinsip dasarnya mirip dengan mesin bor vertikal namun kepala pisaunya memiliki bentuk dan desain yang berbeda. Karena router ini berfungsi untuk membuat alur pada permukaan kayu maka pisau berada pada posisi vertikal ke arah bawah. (berbalikan dengan mesin profile (spindle). Mesin Router didesain dengan kecepatan putar (rpm) jauh lebih tinggi dari mesin bor biasa.
Mesin ini adalah salah satu dasar dari semua mesin kayu yang saat ini terdapat di pabrik ataupun perusahaan penjual mesin.
Banyak beberapa desain mesin menggabungkan fungsi dasar dari mesin di atas sehingga timbul nama mesin baru. Namun apabila anda sudah mengerti prinsip kerja dari mesin-mesin di atas akan sangat mudah untuk memahami cara kerja dari mesin yang lain.
Mesin ini bisa digunakan untuk membuat kombinasi bentuk sesuai dengan keinginan.
Diantaranya untuk membuat  Panil, Profile, Sponing dan Alur. Sehingga lebih efektif memakai jenis mesin Router.
         


Mesin router ini bisa dimodifikasi sesuai wawasan dan kreativitas penggunanya, hingga bisa dibuat seperti Meja (Router Table).
Sebenarnya ada proses dan prosedur pemasangannya agar bisa digunakan secara baik sesuai keinginan dan kebutuan, lihat gambar dibawah ini







4. Mesin bor (DrillPress)

 Mesin bor adalah suatu jenis mesin gerakanya memutarkan alat pemotong yang arah pemakanan mata bor hanya pada sumbu mesin tersebut (pengerjaan pelubangan). Sedangkan Pengeboran adalah operasi menghasilkan lubang berbentuk bulat dalam lembaran-kerja dengan menggunakan pemotong berputar yang disebut BOR

Mesin bor meja adalah mesin bor yang diletakkan diatas meja. Mesin ini digunakan untuk membuat lobang benda kerja dengan diameter kecil (terbatas sampai dengan diameter 16 mm). Prinsip kerja mesin bor meja adalah putaran motor listrik diteruskan ke poros mesin sehingga poros berputar. Selanjutnya poros berputar yang sekaligus sebagai pemegang mata bor dapat digerakkan naik turun dengan bantuan roda gigi lurus dan gigi rack yang dapat mengatur tekanan pemakanan saat pengeboran. 
    Mesin Bor digunakan untuk:
    •    Untuk membuat lubang dengan ukuran tertentu, seperti lubang nagel, lubang kunci 

         dan mempermudah dalam membuat lubang mur.











 

5. BandSaw (Mesin Pembelah Kayu)
 

Band Saw Band saw dikenal dengan gergaji pita. Tipe ini diciptakan pertama kali di Inggris tahun 1808 dan mengalami penyempurnaan pada tahun 1850 di Perancis. Band saw merupakan tipe gergaji mesin yang paling modern, dapat menggergaji dengan feed speed yang tinggi (35-40 m per menit) tidak boros terhadap kayu karena daun gergajinya tipis. Sama halnya dengan tipe circular saw, tipe ini pun dilengkapi dengan set work, of set dan log turner pada carriagenya, sehingga letak log di atas carriage dapat diatur sedemikian rupa sehingga gergaji ini cocok untuk sawing for quality dan quarter sawing.
keuntungan lain yaitu band saw dapat menggergaji log yang berdiameter besar. 

Di Europa dan Amerika tipe gergaji ini banyak digunakan untuk menggergaji log yang tidak terlalu besar, karena tipe gergaji ini tidak dapat digunakan untuk membelah log berukuran (diameter) besar. Selain itu juga terdapat daun gergaji (blade) yang tebal (3-4 kali tebal bandsaw) sehingga lintasan gergaji (kerf) nya pun lebar dan memerlukan tenaga penggerak yang lebih besar. Karena bilahnya tebal sehingga boros terhadap kayu dan memerlukan tenaga yang tinggi. 

Powermatic BandSaw (Mesin Pembelah Kayu)

Kelemahan Mesin Gergaji Circular : Tidak dapat bergerak ke kiri - kanan atau zigzag dan melingkar. Daya listrik mesin umumnya lebih besar dibandingkan gergaji jigsaw. Selain untuk kayu, mesin ini hanya dapat digunakan untuk memotong material alumunium, dengan menggunakan mata pisau yang sesuai. Umumnya memiliki berat yang relatif lebih berat dibandingkan gergaji jigsaw. 

telah didesain sesuai dengan fungsi dan tujuan masing-masing. Ada yang didesain khusus hanya untuk membelah kayu, ada yang didesain khusus untuk memotong dan ada pula yang difungsikan untuk fungsi 'kombinasi' yaitu untuk membelah dan memotong.   
sumber   : 
 -DAPUS Ryan. 2006. Mesin-Mesin Pengerjaan. http://www.technologystudent.com/pwtol/circsw2.htm. 
  (27  Maret  2012). Framer T. 2010. Mesin Pemotong Kayu. http://theradialarmsaw.com/. (27 Maret 2012)


 -https://dokumen.tips/documents/mesin-mesin-pengerjaan.html

7. Pahat (Chisel)
         Pahat digunakan untuk:
    •    Alat ini bisa di gunakan untuk merapikan purusan, pahat bermacam-macam dengan   

         berbagai ukuran dari yang 1 cm sampai 7cm
    •    Untukmempermudah membuat lubang seperti lubang purusan, lubang kunci

8. Palu Besar dan Kecil
         Palu digunakan untuk:
    •    Alat ini untuk memukul pada permukaan media seperti membantu memahat,  

         memaku, tergantung pada pemakaian palu besar untuk membantun memahat dan  
         palu yang kecil untuk membantu memaku
    •    Untuk harga palu yang besar di kisaran 35.000 dan yang kecil 25 000

9. Obeng Min dan Ples
    Perkakas teknik obeng digunakan untuk:
    •    Untuk membantu dalam memasang asesoris pada barang tersebut seperti kunci,  

         hak  angin, grendel. slot kunci pintu dll
    •    Harga untuk satu obeng bisa sampai 15000 an

10. Tank atau catut
         Tank atau catut digunakan untuk:
    •    Untuk membantu dalam mengambil paku atau memegang dengan tekanan yang  

         kuat,  mencabut paku memotong paku dll
    •    Alat ini di bandrol 20.000 an

11. Prusut Kayu
         Prusut Kayu digunakan untuk:
    •    Alat ini bisa di buat sendiri, walaupun demikian alat ini sangat penting sekali  

         fungsinya  yaitu untuk menyamakan ukuran, membuat garis purusan agar sama dan  
         tepat. menyamakan tiap-tiap komponen.
    •    Untuk harga prusut tidak ada karna alat ini khusus di buat sendiri kalaupun ada 

         harganya tak sampai 10.000

Demikianlah artikel dari Dapur Teknik tentang Jenis Alat Yang Di Gunakan Tukang Kayu modern yang wajib ada untuk mempermudah dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari sebenarnya masih banyak lagi peralatan tukang kayu namun peratan ini adalah yang wajib ada.


- sumber : http://dapurteknik.com/dnews/50013/jenis-alat-teknik-yang-digunakan-tukang- 
  kayu-modern.html.
- Amin Suminto, VED Malang

Comments

WOODART