THE JIG CROSS CUT SLED
(ALAT BANTU)

Entah apa namanya alat ini di kita (indonesia), apakah orang pendahulu kita dulu sudah membuatnya dan menamai alat tersebut saat itu atau belum. Ini mungkin satu hal yang harus kita tahu dan perbaiki, yang jelas, ketika merujuk pada teknik perkayuan di luar Negeri (Woodworking), alat ini belakangan kita tahu dan menamakannya sebagai Crosscut Sled, atau secara kamus bisa saja diterjemahkan sebagai Kereta Luncur, dan biasanya di tempatkan di atas meja potong Bulat (Circle Saw/ Table Saw) atau meja Router, hal ini disesuaikan oleh kebutuhan dan ke kreatifan masing-masing.

Untuk lebih memudahkan pembahasan, arkhirnya disepakati, kita sebut saja Crosscut Sled untuk alat bantu ini, Table saw, untuk meja potong, dan Router table untuk Meja pembuat Profil.
 Crosscut sled merupakan Alat Bantu (Jig) dan merupakan alat tambahan yang banyak membantu dan baik, diperlukan. Alat ini biasanya dipasang di Table saw (meja potong) atau Router table, akan tetapi alat ini harus disesuaikan dengan Table saw atau Router table tersebut, ada beberapa tambahan yang harus didesain dan disesuaikan.

Alat ini banyak fungsinya, mulai dari memotong siku 90  derajat hingga sudut-sudut tertentu sesuai kebutuhan kita.

Sudah banyak pengrajin Kayu ataupun pembuat furniture dan meubel yang menggunakan Crosscut Sled ini dengan tujuan untuk memotong secara siku atau dengan sudut2 tertentu, dengan meletakan alat itu di atas meja  potong.

Crosscut Sled merupakan alat yang dibuat secara custom dari bahan Multilek atau sejenisnya lalu di desain sesuai kebutuhan untuk pemotongan siku pada awalnya. Alat ini sebenarnya mudah dibuat sendiri dengan bahan bahan yang tersedia di wilayah kita.
Desain umumnya kurang lebih seperti tertera dibawah ini :


Sumber :Rockler, rockler.com, 800-279-4441, T-track, 3’ long, #21746; 3-Star knob with 1/4-20 insert, #68064.
 

Comments

WOODART