AUTOMATON
 (AUTOMATA)

Permainan ini sebenarnya pernah favorit di kalangan anak anak, kemungkinan tahun 70- an,  namun entah kenapa mainan ini lewat begitu saja, tanpa ada yang membahas lebih lanjut mengenai cara dan teknologinya, padahal teramat pentuk sebahgai sebuah metodologi tentang penggunaan otak kanan dan kiri secara proporsional. 

Kelak kemudian ketika pada saatnya nanti berkebang kearah ketertarikan anak untuk membuatnya, maka lengkaplah keterampilan itu, artinya ranah Kognisi, Afeksi dan psikomotoriknya tercapai, dan kelak secara pedagogik, anak tersebut akan berkembang menjadi anak yang cerdas.
Mudah-mudahan pada artikel kedepan bisa menampilkan proses pembuatan Automata ini , dan mudah mudahan bisa menginspirasi bayak orang.

Automata, adalah mainan mekanis yang menyuguhkan serangkaian gerakan otomatis. Suatu putaran akan membuat mainan ini begerak berkesinambungan, biasanya dirancang secara memikat dan menghibur. Seringkali, Automata dimanfaatkan sebagai sarana penarik perhatian dalam suatu peragaan atau promosi penjualan.
Automata merupakan keajaiban-mekanika penuh pesona dari pemanfaaan segenap kemampuan proses mekanis yang mungkin bisa dicapai dalam bidang permesinan modern. Kegiatan merancang dan membuat Automata mencakup berbagai skill dan proses mulai dari Seni, Teknik dan Matematika hingga keterampilan kriya yang melibatkan unsur karton, kayu dan logam. Ini adalah proses saling melibatkan yang berpotensi besar sebagai perangsang imajinasi yang menjanjikan keasyikan.

Sebagai contoh, akhir-akhir ini, kita sudah tak asing lagi dengan hadirnya ikon khas bulan Puasa, yaitu “Haji Geyot”. Patung Automata sosok lelaki gemuk yang tengah memukul beduk sambil bergoyang pinggul ini sudah mampu menempatkan dirinya untuk identik dengan bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Bahkan banyak yang mengakui, keberadaannya mampu menambah kekhusyuan ibadah pada Bulan Suci Ramadhan. 

Saat ini, potensi pasar Automata sebagai mainan bagi anak-anak pasca-balita mulai terbuka. Automaton dua ekor kucing di samping ini adalah contoh yang lain. Dioperasikan dengan sebuah motor listrik. Kucing yang besar memutar sebuah gagang yang rupanya menyebabkan kucing kecil turut bergerak. Kaki, lengan, dan kepala si kucing kecil bergerak bersamaan dengan gerakan mata si kucing besar melirik ke kiri dan ke kanan.
Yang paling menarik dari mainan serupa ini adalah bahwa kita dapat melihat mekanisme yang menggerakkannya. Tidakkah mainan ini begitu lucu? Si kucing terlihat hampir menyerupai manusia dan tingkah mereka merupakan parodi perilaku orang tua dalam mencoba mengendalikan anak-anak mereka.

Selain contoh-contoh mainan diatas, masih banyak mainan lain yang jika kita perhatikan mengandung unsur automata. Mulai dari mainan dorong tradisional seperti orang bersepeda roda tunggal hingga mobil-mobilan fantasi yang dilengkapi dengan bagian-bagian yang turut bergerak saat mainan itu digerakkan.















Sumber :

http://www.automata.co.uk

http://www.secondarydandt.org
https://turtlemotion.wordpress.com/2011/07/28/automata/ 
https://id.pinterest.com/bkcprice1/automaton/

Comments

WOODART